Inilah 9 Efek Samping Memakan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Efek Samping Memakan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh


Inilah 9 Efek Samping Memakan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh


Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering atau bisa di bilang umum digunakan disemua jenis makanan. Itu dikarenakan aroma dan rasa yang kuat sehingga membuat masakan menjadi lebih lezat.

Bawang putih sendiri mengandung banyak mineral penting seperti kalium, zat besi, yodium, dan belerang yang mempunyai manfaat penting bagi tubuh seperti menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi, hingga meningkatkan kekebalan tubuh .

Tidak hanya dimasak ternyata ada sebagian orang yang gemar memakan bawang putih secara mentah-mentah. Dilansir  dari boldsky.com, ternyata kebiasaan memakan bawang putih mentah menimbulkan efek samping sebagai berikut.

Efek Samping Bawang Putih bagi Tubuh 


Inilah 9 Efek Samping Memakan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Efek samping  memakan bawang putih mentah bagi tubuh antara lain adalah sebagai berikut

1. Melukai Lever

Kelebihan konsumsi bawang putih mentah ternyata bisa melukai lever, salah satu organ tubuh yang paling vital. Salah satu gangguan yang biasa muncul adalah toksitas lever.

2. Diare

Diare dapat terjadi jika kamu memakan bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong. Bagi sebagian orang, bawang putih adalah makanan yang bisa menyebabkan konsumsi gas berlebih dan berakhir dengan diare.

3. Mual, Muntah, Mulas

Menurut national cancer institute, konsumsi bawang putih dalam perut kosong ternyata dapat membuat perut mulas, mual, bahkan bisa muntah. Apalagi bagi kamu yang memiliki  masalah dengan penyakit refluks gastreosophageal.

4. Pendarahan yang Memburuk

Penelitian dari university of maryland  medical center mencatat bahwa seharusnnya kamu tidak mengonsumsi bawang putih bersama dengan obat pengencer darah sebab bisa meningkatkan ririko pendarahan memburuk. Jadi mereka yang sedang mengonsumsi obat tersebut sebaiknya tidak makan bawang mentah.

5. Masalah Lambung

Konsumsi bawang putih mentah ternyata juga memiliki efek negatif pada kesehatan lambung. Batasi konsumsinya jika kamu menginginkan lambung yang sehat dan batasi konsumsinya juga jika kamu punya masalah dengan lambung.

6. Penyebab Pusing atau Migrain

Konsumsi bawang putih mentah juba bisa menyebabkan pusing atau migrain, terutama bagi anda yang menderita tekanan darah rendah.

7. Ruam  

Bawang putih mengandung enzim yang disebut dengan alliin lyase yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika kamu mengonsumsinya berlebihan.

8. Gangguan Penglihatan

Asupan bawang putih mentah berlebih akan menyebabkan pendarahan di dalam ruang mata. Ruang mata adalah ruang antara kornea dan iris. Kondisi ini bisa menurunkan penglihatanmu.

9. Menggangu Kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengosumsi bawang putih mentah berlebih karena dapat menggangu kehamilan dan janin.

Baik untuk ibu hamil : 

Nah itu tadi adalah ke sembilan efek samping yang ditimbukan memakan bawang putih mentah. Jika ingin mengonsumsinya usahakan dalam takaran atau porsi yang tidak berlebih untuk mendapat manfaatnya.

0 comments