15 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat berkhasiat, umbi-umbian yang beraroma menyengat ini mengandung enzim yang mampu mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit dan juga masalah kulit. Manfaat bawang putih dapat dirasakan oleh tubuh secara keseluruhan.

Selain itu manfaat bawang putih juga berkhasiat untuk kecantikan baik itu dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun matang, dioleskan atau diambil sarinya. Kandungannya akan tetap memberikan manfaat dan khasiat yang besar bagi tubuh.


15 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat Bawang Putih

Bawang putih memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan diataranya adalah untuk meurunkan risiko kanker, menurunkan kolesterol, dan juga baik untuk kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan antara lain sebagai berikut.

1. Menurunkan risiko kanker

Bawang putih mentah yang kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, menyatakan bahwa senyawa tersebut dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini dikarenakan sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak , melindungi tubuh dari zat  karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Berbagai penelitian di seluruh dunia telah membuktikan khasiat bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences, menguak bahwa makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawan putih mentah  setiap hari selama dua bulan lamanya berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

3. Mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi 

Bawang putih menah mengandung polisulfida yang terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Polisulfida akan membantu membuka dan melegakan pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Menurut sebuah Jurnal ilmiah Maturitas, tidak heran jika mengonsumsi bawang putih mentah selama tiga bulan ternyata mampu menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

15 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mencegah penyakit jantung

Makan bawang putih mentah secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki berbagai jenis ganguan pada jantung dan sistem metabolisme.

5. Meredakan infeksi, radang, dan pilek

Beberapa penyakit yang umum ternyata dapat diredakan dengan mengonsumsi bawang putih mentah yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme  yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit.

6. Mengobati keputihan

Bawang putih merupakan resep herbal turun temurun dikarenkan zat-zat yang mengandung sifat antiakteri dan anti jamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih cukup efektif. Mengonsumsi bawang putih setiap hari secara rutin dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan anda. anda dapat mengonsumsi nya dalam bentuk apapun baik itu dimakan secara langsung atau yang lainya. 

7. Mengurangi tumbuhnya jerawat

Lelah dengan jerawat yang selalu tumbuh silih berganti? saatnya membasmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. caranya adalah rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari. Bawang putih memang memiliki aroma yang tajam, namaun anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaatya.

8. Menyuburkan rambut

Merawat rambut dengan menggunakan bawang putih dapat memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati kulit kepala yang berketombe, dan membuat rambut lebih tebal serta bersinar. Caranya anda siapkan bawang putih secukupnya kemudian blender hinga halus, lalu gunakan sebagai masker rambut.

Bawang putih mentah baik juga untuk
Itulah tadi manfaat yang ditimbulkan bawang putih mentah untuk kesehatan dan juga kecantikan. Perlu diingat dalam konsumsilah bawang putih sewajarnya saja agar tidak menimbulkan efek samping dari bawang putih itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, ingat mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

0 comments