Manfaat Buah Manggis dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan


Manfaat Buah Manggis dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Buah manggis merupakan salah satu buah yang selalu dicari oleh para penggemar buah-buahan, itu dikarenakan manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat buah manggis sangat fenomenal dan sampai saat ini pun ia disebut sebagai ratu buah karena khasiatnya memang super sekali.

Manggis dapat mengobati dan mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan inilah yang menjadi alasan kenapa buah manggis dijadikan sebagai buah super luar biasa.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa buah manggis beserta kulitnya kaya akan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu anti-oksidan yang sangat bermanfaat di dunia.

Dalam buah manggis juga terkandung polikasanida, cathechins, dan polyphenol, yang merupakan salah satu bahan anti-kulat dan anti-bakteri.

Kandungan buah manggis 

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dan khasiat dari buah manggis alangkah baiknya terlebih dahulu kita tahu akan kandungan yang terdapat di dalamnya. Selain zat super yang kita namankan xanthones , ternyata buah manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi  
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 & B2
  • Zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan lainnya.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Manggis dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Manfaat buah manggis yang paling terkenal adalah untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker, manggis telah terbukti meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang dimiliki buah manggis, adapun diantaranya sebagai berikut :

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah mangis untuk mencegah sekaligus mengobati kanker memang sangat luar  biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan menggunakan manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah ini.

Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya senyawa garcinone E.

Jadi perlu diingat bagi anda penderita kanker harap berhati-hati dalam megonsumsi buah manggis ini karena ada penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji betul terhadap masalah kanker.

Bukti akademis pengobatan kanker dan juga pencegahanya memang belum sepenuhmya terbukti, dalam Journal of Society for Integrative Oncology.

Para ilmuan bahkan memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hati dalam menggeunakan produk dengan ekstrak buah manggis karena berpontensi juga dalam meningkatkan kadar gula darah.

Kandungan zat xanthones dalam buah manggis sangat dipercaya dalam mencegah dan mengobati kanker, namun ada baiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai masalah ini.


2. Mencegah Infeksi

Senyawa yang terdapat didalam buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan juga bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka.

Teori ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbitkan Chemical and Pharmaceutical Bulletin pada edisi juli 2003, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.


3. Kaya Anti-oksidan

Kandungan anti-oksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.

Manfaat untuk anti-oksidan lainya : manfaat air kelapa untuk kesehatan.

4. Mencegah Batu Ginjal 

Mengonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin, maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengonsumsi buah manggis dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.


5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi  dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E, yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan sekaligus berkhasiat untuk kecantikan.


6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat 

Kandungan zat xanthones yang dimiliki buah manggis membuat manggis menjadi salah satu obat kolesterol. Manggis dipercaya dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan didalam tubuh sehinnga dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.


7. Baik unutuk Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah manggis yang kaya akan anti-oksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan pengelihatan seperti katarak dan glukoma, yakni ganguan yang disebabkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.


8. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah manggis dapat memulihkan kembali kondisi pembuluh darah yang mengalami kehilangan keelastisitannya, melalui anti-mikrobal dan anti-oksidan yang dimiliki oleh buah manggis. sehingga, resiko terjadinya penyakit jantung dapat berkurang dan dapat dicegah dengan solusi mengonsumsi buah manggis secara rutin.


9. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan progam penurunan berat badan atau diet, tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengonsumsi buah manggis secara rutin dalam proses diet tersebut.
Kandungan xanthones bermanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar dan mengeras bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.


10. Mengobati Penyakit Asma 

Penyakit asma tergolong kedalam penyakit darurat dan bisa berujung pada kematian, itu diakibatkan karena rusaknya sistem pada pernapasan. Bagi anda yang mengalami sesak nafas tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Sebab buah manggis dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat megurangi alergi dan penyakit asma tentunya.


11. Baik untuk Ibu Hamil

Tenyata buah manggis juga memiliki kandungan zat yang baik untuk ibu hamil diantaranya sifat inflamasi yang baik untuk mengatasi lelah saat proses kehamilan berlangung, vitamin B kompleks yang baik untuk metabolisme tubuh, kalium yang berguna untuk mengontrol detak jantung, dan juga folat yang dapat mencegah cacat pada bayi.

Efek samping buah manggis 

Selain memiliki manfaat ternyata buah manggis juga memiliki efek samping, sejumlah penelitian telah menunjukan bahwa xanthones dapat menggangu pembekuan darah yang normal.

Belum dapat di jelaskan apakah kandungan xanthones pada buah manggis dapat berinteraksi dengan obat pengencer  darah (seperti warfarin) atau tidak, mungkin juga dapatmengakibatkan pendarahan.

Sebuah studi juga telah mempublikasikan bahwa penggunaan xanthones dalam dosis yang tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan dapat menyebabkan sedasi.

Xanthones dapat  menyebabakan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainny.

Selain itu juga dapat mengakibatkan potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih dilakukan pada binatang, belum dilakukan untuk manusi.   

Nah, itu tadi adalah sedikit manfaat buah manggis dan juga efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi yang berlebihan, semoga dengan mengonsumsi buah manggis kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

Ikuti terus Sumber Manfaat untuk update artikel-arikel selanjutnya dan jangan lupa sahre untuk berbagi ilmu dan pengetahuan ya gaes.

0 comments