21 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Hingga Lansia

21 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Hingga Lansia

Kacang hijau merupakan sumber makanan yang sangat bernutrisi. Kacang-kacangan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau, puding, dan lain-lain.

Bagi para vegetarian, kacang hijau sangat digemari karena kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam  kacang hijau yang baik untuk ibu hamil, akan kita bahas pada artikel kali ini.


21 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Hingga Lansia

Kandungan Kacang Hijau

Kacang hijau kaya akan berbagai nutrisi yang penting dan  baik untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di kandungan, berikut ini beberapa nutrisi yang ada dalam kacang hijau :
  • Kaya serat
  • Vitamin A
  • Zat karotenoid
  • Mineral esensial
  • Vitamin B6
  • Rendah kalori
  • Asam folat
  • Protein dan karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin B1 dan B2

Manfaat kacang hijau

1. Mencegah Kanker

Kacang hijau memiliki senyawa yang mampu memerangi infeksi virus kanker. Maka, kacang hijau sangat baik untuk perempuan agar terhindar dari kanker payudara. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu kanker.


2. Mengobati Anemia

Jika anda memiliki riwayat penyakit anemia, maka sebaiknya banyak konsumsi kacang hijau. Kacang-kacangan ini memeliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati anemia atau kekurangan darah.


3. Menurunkan Berat Badan 

Bagi anda yang ingin diet, maka anda bisa menjadikan kacang hijau sebagai salah satu makanan untuk dikonsumsi. Kacang hijau yang mengandung serat yang tinggi dan juga rendah lemak. Kacang hijau mampu menjadi cemilan sehatmu saat diet. Kandungan seratnya membuat perutmu akan terasa tetap kenyang walaupun hanya makan sedikit. Pencernaanmu juga akan lancar dan sehat setelah megonsumsi kacang hijau.


4. Menurunkan Kolesterol

Kacang hijau juga sangat baik unttuk dikonsumsi oleh orang memiliki kolesterol tinggi, karena kacang hijau sendiri mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalorinya juga sangat rendah dengan lemak tak jenuh. Maka tak ada ruginya konsumsi kacang hijau sesering mugkin.


5. Mengatasi Diabetes

Indeks glikemik pada kacang hiaju sangatlah rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi para penderita diabetes. Dengan kadar glikemik yang rendah inilah kacang hijau mampu membuat kadar gula dalam darah ikut turun. Kacang-kacangan mampu megatur gejala diabetes pada pasien maupun penderita.


6. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause 

Manfaat kacang hijau lainnya adalah mengurangi keluhan pasca menopause karena memiliki senyawa isoflavon yang bersifat estrogenik ilmiah. Mengonsumsi kacang hijau bagi wanita yang sedang dalam masa transisi menopause mampu mencegah osteoporosis yang zatnya juga dapat merangsang pembentukan tulang.


7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan mengosumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan juga mencegah plak di pembuluh darah. Plak inilah yang mampu mimicu serangan jantung dan juga stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan anti-oksidan polifenol yang bersifat anti inflamsi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.


8. Menguatkan Tulang

Ternyata, kalsium tidak hanya terkandung dalam susu tapi juga terdapat di kacang hijau. Kacang hijau mengandung kalsium dan fosfor serta mineral yang mampu merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa.


9. Menghilangkan Bekas Cacar dan Jerawat

Bekas cacar dan juga jerawat bisa hilang hanya dengan kacang hiaju. Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu merendam segenggam kacang hiaju di air semalaman, lalu tumbuklah keesokan harinya dan jadikan sebagai masker wajah. Tunggu hingga mengering, lalu bilaslah sampai bersih. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


10. Baik untuk Ibu Hamil

Wanita hamil sangat dianjurkan untuk konsumsi kacang hiaju. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hiaju sangat baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat. selain itu juga kacang hiaju mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan juga protein yang baikdan dibutuhkan untuk ibu hamil.

Selain dari sepuluh manfaat diatas ternyata kacang hijau juga memiliki manfaat lainya seperti :

  • Mencegah wasir
  • Mencegah polip usus
  • Sebagai sumber energi
  • Mencegah penuaan dini
  • Baik untuk kesehatan mata 
  • Menangkal radikal bebas
  • Mencegah cacat pada janin
  • Kecerdasan janin
  • Baik untuk pertumbuhan janin
  • Menjaga kesehatan kulit
Nah, itulah tadi manfaat yang ditimbulkan ketika seseorang rajin dalam mengonsumsi kacang hiaju. Semoga artikel tentang manfaat kacang hijau ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang manfaat buah-buah, sayuran, serta kacang-kacangan disekitar kita.

0 comments