12 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh


12 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh


Buah Naga, buah yang terkenal akan begitu banyak kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus dari marga Hylocereus dan selenicereus ini ternyata meiliki rasa dan bentuk yang sangat unik dan tentunya berbeda dengan jenis buah pada umumnya.

Buah naga sering kali mendapat julukan moonflower atau queen of the night, julukan tersebut di berikan karena bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari.


Buah ini di beri nama buah naga sebab jika di perhatikan dari bentuk fisiknya, kulit bagian luar buah naga menyerupai sisik dan mirip sekali dengan penggambaran sosok naga yang biasa kita lihat.

Saat ini terdapat dua jenis buah naga yang banyak di kembangkan, yaitu buah naga dengan daging buah yang berwarna merah dan buah naga yang memiliki daging buah berwarna putih, keduanya sama-sama memiliki biji hitam kecil yang bisa dimakan.



12 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh


Kandungan gizi

Buah naga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Buah naga memiliki jumlah fitonutrein, mineral dan vitamin yang cukup banyak
  • Buah naga juga kaya akan vitamin C, antioksidan, karoten, asam lemak tak jenuh, dan protein
  • Buah ini juga memiliki nol karbohidrat kompleks dan tiamin yang membantu proses pemecahan makanan dalam sistem pencernaan kita
  • Selain 3 kandungan di atas ternyata buah naga juga memiliki kandungan captin fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan jantung kita.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa penjelasan apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang ternyata juga baik untuk kulit serta rambut kita.


1. Membantu Mencegah Kanker

Buah naga mengandung lycopene yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti  dapat merendahkan resiko terkena kanker prostat. Tidak hanya lycopene buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsigonik dalam tubuh.Buah ini juga kaya akan serat , kalsium, fosforvitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logamdari tubuh yang diantaranya dapat menyebabkan penyakit kanker.


2. Mampu Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Lycopene,selain berfungsi sebagai pencegah kanker ternyata juga mampu untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak, karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omwga 6 yang dapat membantu meringankan ganguan kardiovasklar.


3. Membantu Masalah Pencernaan 

Makanlah buah naga, karena buah naga mempunyai kandungan fiber atau serat yang tinggi yang fungsinya untuk membantu membersihkan pencernaan anda dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga menagandung protein baik,dapat mebuat tubuh anda sehat dan segar kembali.


4. Membantu Meringankan Batuk dan Asma 

Biji dari buah naga kaya akan omega 3 dan omega 6 yang dapat meringankan gangguan respirasi  bagi anda yang sedang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti.


5. Mencegah Anemia 

Anemia bisa terjadi saat tubuh kekurangan asupan zat besi yan cukup. Beberapa gejala yang muncul ketika seseorang terkena anemia seperti insomnia, sulit berkosentrasi, nyeri dada, jantung berdebar dan detak tidak beraturan dan lainya. Buah naga kaya akan zat besi , yang dapat memenuhi sekitar 8% kebutuhan zat besi harian kita .Selain itu buah naga memiliki kandungan vitamin C  yang bisa menigkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap zat besi lebih banyak lagi. Bisa dikatakan bahwa buah naga bisa menjadi pilihan yang dapat dicoba untuk mengatasi anemia tersebut.


6. Mencegah Glaukoma Kongential 

Glaukoma kongential adalah suatu kondisi dimana terdapat tekanan pada bola mata yang naik, yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukan ternyata buah naga mambnatu mencegah glaukoma kongential.


7. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya cenderung terkena anemia jika tidak mengonsumsi suplemen penambah zat besi, maka dari itu buah naga sangat bagus untuk ibu hamil  karena memiliki khasiat sebagai sumber zat besi yang dapat menaikan kadar hemogoblin dalam darah. Buah naga bukan hanya baik untuk si ibu, namun juga sangat baik untuk janin yang ada di dalam kandungan karena naiknya kadar hemogoblin dapat memberikan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup pada calon bayi tersebut.


8. Mengurangi Nyeri Arthritis

Arthritis merupakan salah satu penyakit yang bersifat kronis dan terjadi seumur hidup, biasanya penyakit ini menyerang pria dan wanita dengan usia diatas 55 tahun. Arthritis dapat menimbulkan sakit yang serius, iritasi dan imobilitas karena efek langsung pada sendi kita. Untungnya beberapa jenis buah dan sayur dapat membantu mengurangi serta melawan penyakit jenis ini, dan buah naga adalah salah satunya. Manfaat buah naga memiliki peran besar untuk mengurangi nyeri yang disebabkan arthritis dan sering dijuluki sebagai "buah anti-inflamasi" Jadi, jangan lah ragu untuk menambahkan buah naga kedalam menu makanan sehat harian anda untuk mengurangi arthritis.


9. Meningkatkan Penglihatan

Jika anda merasa penglihatan anda mulai kabur atau merasakan nyeri dibagian belakang mata anda, cobalah untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Buah naga mengandung betakaroten dan pigmen tanaman penting lain, yang dapat berfungsi melindungi mata dari efek berbahaya radikal bebas. Selain itu manfaat buah naga dapat untuk mencegah ppenyakit mata lainya seperti katarak dan degenerasi makula.


10. Mengobati Kulit Terbakar

Buah naga merah mengandung vitamin B3 yang dapat membantu melembabkan kulit serta melepaskan panas akibat sengatan sinar matahari. Jika anda mendapatkan terlalu banyak paparan sinar matahari dan merasa terbakar, anda cukup campurkan beberapa jus buah naga merah dengan mentimun atu lidah buaya. Oleskan campuran tersebut pada kulit yang terbakar untuk menenangkan serta mengobatinya.


11. Menurunkan Gula Darah

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, namun buah naga juga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah satu penyakit berbahaya ini timbul karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh, manfaat buah naga dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi berkat kandungan polifenol, tiol, karotenoid, thocopherol, dan glukosinolat. Selain itu tingginya kandungan serat pada buah naga juga dapat menghambat lonjakan gula darah yang terjadi setelah mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.


12. Menyehatkan Rambut

Buah Naga,terutama buah yang memiliki daging buah berwarna merah,mengandung banyak anti-oksidan dan enzim yang mampu membuat rambut anda menjadi lebih halus dan sehat.

Jika anda memiliki rambut yang kurang sehat, anda dapat meperbaikinya menggunakan buah naga, yang perlu anda lakukan adalah mengonsumsi atau meminum jus buah naga secara rutin dan lihat perubahanya pada rambut.

Anda juga dapat melakukan cara lain jika anda tidak suka dengan rasa buah naga, cukup oleskan ampas buah naga seperti menggunakan masker rambut pada umumnya, diamkan setidaknya kurang lebih 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa, setelah itu anda dapat mencuci rambut anda dengan shampo berformulasi ringan. Lakukan hal ini setiap seminggu sekali untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut anda.

BACA JUGA :


Itulah tadi beberapa manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan tubuh kita, dengan mengonsumsi buah naga secara rutin dan menjaga asupan makanan yang seimbang tentu dapat membuat tubuh kita semakin terjaga kesehatanya.

Selain itu imbangilah dengan olahraga untuk menunjang kebugaran tubuh anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan.

0 comments