18+ Manfaat Buah Delima yang Wajib Kita Ketahui

 18+ Manfaat Buah Delima yang Wajib Kita Ketahui-

Nama buah delima memang tidak terlalu popular di indonesia tidak seperti buah manggis, apel, jeruk, anggur, atau pun buah naga.

Namun buah yang disebut pomegranate ini punya sumber manfaat ajaib bagi kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi buah delima memang membutuhkan perjuangan.

Itu dikarenakan biji dari buah tersebut yang sangat banyak, tubuh kita membuthkan keistimewaan buah ini. Itu dikarenakan delima memiliki sifat anti-oksidan, anti-virus, dan anti-tumor.

Tidak hanya itu saja, buah delima ternyata merupakan sumber vitamin yang sangat baik, terutama vitamin A, C, dan E, serta asam folat.

Buah yang menajubkan ini ternyata terdiri dari tiga kali lebih banyak anti-oksidan seperti wine atau green tea.

Nah, kali ini SUMBER MANFAAT akan membahas apa saja manfaat buah delima yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan.

Manfaat buah delima untuk kesehatan

 18+ Manfaat Buah Delima yang Wajib Kita Ketahui

Berikut ini beberapa manfaat buah delima yang wajib untuk kita ketahui :

1. Menyehatkan Kulit

Buah delima yang kaya akan anti-oksidan mampu menjauhkan bakteri dan infeksi lainya dari permukaan kulit kita. Kupasan kulit delima juga dapat dimanfaatkan untuk melawan jerawat, kulit buah delima pun juga dapat dijadikan sebagai pelembab kulit alami manusia, khasiatnya dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit.


2. Menurunkan Risiko Serangan jantung dan Stroke

Mengonsumsi jus dari buah delima secara rutin dapat menjaga aliran darah yang baik dalam tubuh, kamu juga bisa mengonsumsi jus buah delima untuk menurunkan risiko serangan jantung dan juga stroke. Komponen anti-oksiden dalam buah ini membantu menurunkan kolesterol jahat, sehingga arteri tetap bersih dari gumpalan apa pun itu jenisnya.


3. Sebagai Penangkal Kanker 

Bagi yang belum tahu, buah delima mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi yang disebut flavonoid. Flavonoid ini diketahui efektif dalam menagkal berbagai radikal bebas penyebab kanker.
Orang yang memiliki risiko tingi terkena kanker prostat dan payudara harus mulai meminum jus buah delima.


4. Menormalkan Perut

Kulit buah delima, termasuk daunya, ternyata bisa digunakan sebagai penenang gangguan perut atau diare loh. Minum teh yang terbuat dari kulit ataupun daun buah delima ini juga dapat membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga dapat mengurangi masalah perut lainnya seperti disentri dan kolera.


5. Menyembuhkan Radang Tenggorokan 

Kalau kalian kebetulan sedang mengalami radang tenggorokan atau amanadel, cobalah untuk megolah kulit delima yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari, lalu kemudian rebuslah.
Setelah itu saring ramuannya dan biarkan dingin beberapa saat, lalu pakailah untuk berkumur, niscaya nyeri pada tenggorokan anda bisa mereda.


6. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Bagi kamu yang punya masalah pada gigi,ternyata buah delima sangat baik untuk menjaga kondisi mulut dan gigi. Dengan sifat anti-bakteri dan anti-viral yang dimilki buah delima dapat membantu mengurangi efek plak pada gigi dan berbagai jenis penyakit mulut lainnya.


7. Menghindari Anemia 

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah delima dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, dan kelemahan serta gangguna pendengaran.


8. Menormalkan Sirkulasi Haid 

Jika anda para wanita mempunyai masalah pada sirkulasi haid, cobalah untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Buah delima membantu anda untuk mengendalikan siklus haid secara rutin, hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan mineral alami mulai dari zat besi,magnesium, fosfor, dan kalium yang terdapat didalamnya. Kandungan-kandungan mineral alami tersebut dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat anda  mengalami menstruasi.


9. Mengobati Batuk yang sudah Menahun

Buah yang satu ini juga dapat mengobati batuk yang sudah lama dan tak kunjung membaik atau bisa dibilang batuk menahun. Caranya sangat mudah, cukup ambil sebuah delima yang belum terlalu masak, lalu kunyah biji delima tersebut setiap malam sebelum tidur lalu buang bijinya.


10. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan zat-zat yang terdapat pada buah delima sangat baik untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan karena zat tersebut dapat membantu :
  • Menghindari dehidrasi,
  • Menghindari adanya peradangan, 
  • Mencegah kram pada kaki, 
  • Membantu mengurangi pendarahan saat proses melahirkan, 
  • Baik untuk perkembangan otak pada janin, 
  • Memberikan sistem imun pada bayi dan ibu, 
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi.

Demikianlah tadi beberapa manfaat buah delima yang baik untuk kesehatan, untuk mendapatkan manfaat dan khasiat pada buah delima ini, dianjurkan untuk mengonsumsi buah delima secara teratur dan tidak berlebihan. semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai manfaat buah yang berada disekitar kita.

0 comments