15+ Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Bagi kita orang Indonesia pada umumnya,  tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan. Pepaya, tanaman seperti pohon tropis ini, pada awal dibudidayakan di Meksiko dan dapat tumbuh  kurang dari 30 meter.

Tanaman pepaya merupakan buah serbaguna yang baik dimakan saat matang dan juga mentah. Menurut 'Pepaya Medicine Tree' seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu bagian tersebut adalah  Daun pepaya.

Daun pepaya muda biasa dimakan seperti sayur dalam beberapa masakan khas indonesia. Air rebusan dari daun pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun sebelum itu, mari kita simak apa saja kandungan yang terdapat pada daun pepaya.


15+ Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


Kandungan gizi daun pepaya
  • vitamin B, A, C, D, E
  • Kalsium
Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai anti-oksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

BACA JUGA : Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kadungan zat yang baik dan berlimpah. Maka dari itu, bagi anda yang kurang suka akan rasanya dapat mempertimbangkan manfaat yang ada pada daun pepaya berikut ini

1. Anti kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh.

Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi dibeberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan kekbalan terhadap kanker. Daun yang memiliki rasa pahit memang banyak mengandung zat anti kanker.


2. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuanya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekbalan tubuh.


3. Menghambat pertumbuhn bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena cacing di usus dapat menempel. Dengan demikian, daun pepaya secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.


4. Anti malaria

Daun pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

5. Mencegah demam berdarah

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Penyakit ini bisa berakibat fatal, namun sejauh ini tidak ada obat khusus telah dirumuskan unrutuk penyakit ini. Penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen memiliki efek samping tesendiri.

Jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan  demam berdarah tanpa masalah efek samping. Penelitian ilmiah dan bebrapa studi kasus telah menunjukan bahwa ekstak daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair.


6. Mengurangi nyeri haid

Para wanita sejak dahulu memnafaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid.Caran dengan merebus beberapa daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.


7. Membantu pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati ganguan pencernaan, menurut buku 'The Compete Herbal Panduan : A Natural Approach Healing the Body' Rebusan daun pepaya dapat mengurangi mulas dan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang yang dikenla sebagai penyakit celiac.

8. Membantu penyakit pembesaran prostat

Daun pepaya juga membantu anda yang mengalami permasalahan pembesaran prostat jinak, selain itu daun ini juga membantu mengurangi berbagai masalah terkait pembesaran prostat seperti lesi dubur.


9. Mengikat trombosit

Daun pepaya sangat penting untuk membantu menigkatkanjumlah trombosit bagi anda yang mengalami masalah dengan rendahnya trombosit. penelitian di seluruh dunia telah mengungkapkan bahwa daun 'pahit' pepaya sangat efektif dalam menigkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus  kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah dan banyak lagi.


10. Mencegah katarak

Daun pepaya juga sangat penting untuk mencegah penyakit jenis ini.


11. Emfisema

Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru-paru.

Daun Pepaya Untuk Kecantikan

1. Daun pepaya dapat mengatasi jerawat

Anda mungkin baru mendengar bahwa daun pepaya dapat mengobati jerawat membandel. Cobalah, ini akan efetif bagi anda yang mengalami masalah jerawat.

Cara penggunaan :
  • Ambil daun pepaya muda.
  • Keringkan daun tersebut.
  • Blender dengan air secukupnya untuk dibuat seperti pasta.
  • Ambil pasta yang telah jadi dan gunakan sebagai masker.
  • Biarkan kering dalam 10-30 menit.
  • Cuci dan bilas bersih. 

 2. Agen pembersih kulit

Hal ini dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti  jerawat, bintik-bintik dan noda.


3. Kondisioner alami

Ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai kondisioner bersamaan dengan bahan lain seperti santan dan madu untuk membuat rambut uyang berkilau. Kondisioner alami ini akan membuat rambut lebih berwarna dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.


4. Menghilangkan ketombe

Ekstrak daun pepaya digunakan sebagai bahan pembuatan shampo anti ketombe yang bertujuan untuk mengendalikanproduksi serpihan ketombe. senyawa karpain ini, efektif menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping yang ditimbulkan daun pepaya

0 comments