20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang harus Kamu ketahui

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Yang harus Kamu ketahui

Buah pisang merupakan buah yang dapat dengan mudah kita jumpai dimana saja, baik itu di kebun, perumahan, pasar, bahkan hingga supermarket.

Di Indonesia terdapat berbagi jenis buah pisang yang sangat populer diantaranya adalah pisang ambon, pisang kepok, pisang susu, pisang hijau, pisang raja dan masih banyak lagi 


Buah dengan beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan diantaranya serat, potassium, vitamin A, C, K, dan zat besi serta manfaat lainnya. Itulah mengapa pisang dijadikan sebagai salah satu buah super sehat.


20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang harus Kamu ketahui


Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah pisang yang baik untuk kesehatan. Diantaranya :

1. Memberikan suntikan energi

Tahukah kamu bahwa pisang merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh atlet. Itu dikarenakan buah pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.


2. Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.


3. Sebagai antasida alami 

Antasida alami sangatlah penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi buah satu ini.


4. Mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Buah pisang mengandung pektin, bahan alami yang yang terkandung dalam buah pisang ini memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.


5. Meningkatkan gairah seksual

Tidak banyak yang tau bahwa makan pisang mampu menigkatkan gairah seksual. Itu dikarenakan buah pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.


6. Meringankan gejala PMS

Rasanya yang enak ternyata mampu membuat pisang berfungsi untuk meringankan stres dan mengurangi gejala PMS pada wanita.

7. Kaya akan anti-oksidan

Buah pisang kaya akan zat anti-oksidan yang berfungsi untuk mengilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Hal ini pun menunjukan bahwa pisang juga mampu untuk mencegah penyakit kanker.


8. Mengatasi depresi

Jika kamu sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan buah pisang. Pisang kaya akan mangan yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuatmu merasa lebih baik.


9. Melindungi jantung 

Peneliian kesehatan terbaru menunjukan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur bisa melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Sebab pisang rendah garam namun tinggi kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan membuat jatung jadi lebih sehat. 


10.Meningkatkan metabolisme

Pisang mengandung mineral dan nutrisi yang penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Buah pisang juga bisa mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh dan dengan demikian meningkatkan metabolisme tubuh.


11. Meningkatkan penyerapan gizi

Konsumsi pisang dapat memperbaiki kesehatan usus berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Penelitian mengatakan bahwa jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium.


12. Mengatur tekanan darah

Buah pisang sangat tinggi kandungan kaliumnya, yang mana merupakan mineral penting dan sangat dibutuhkan untuk menurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.


13. Mengandung bakteri probiotik

Bakteri probiotik sangat baik untuk usus. Buah pisang adalah makanan yang tinggi akan kandungan bakteri yang baik ini. Bakteri tersebut hidup di usus dan mengonsumsi buah pisang akan membantu menambah jumlah bakteri probiotik yang berguna untuk membuat saluran pencernaan yang lebih sehat.


14.  Obat diare 

Buah pisang memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Hal ini disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi parasit. Mengonsumsi buah pisang mampu mengobati diare secara alami.


15. Sempurna untuk pengidap diabetes

Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukan buah pisang dalam daftar makanannya terutama buah pisang hijau. Lantaran pisang hijau memiliki kandungan gula dalam jumlah sedikit. 

Diet pasien diabetes perlu makanan rendah gula dan pisang hijau merupakan makanan yang sempurna. Kamu bisa mengonsumsi pisang hiaju rebus sebagai cemilan sehat.

Manfaat buah pisang untuk kecantikan


16. Melembabkan kulit

Kulit yang kering memang menjadi masalah tersendiri. Sebabnya kulit lama-lama bisa jadi kasar. Nah, kamu bisa melembabkan kulit dengan kondisi tersebut dengan manfaat buah pisang dan juga manfaat dari kulit pisang

Itu dikarenakan buah pisang mengandung vitamin A, B, dan E yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit secara alami. 

Kamu juga bisa membuat masker dari buah pisang yang dilumatkan. Kemudian oleskan di atas kulit lalu diamkan selama 10-15 menit dan bilaslah dengan air dingin.


17. Mengobati jerawat

Adanya jerawat memang sangat menganggu peampilan. Kamu yang kesal karena jerawat bisa mengobatinya dengan rajin mengleskan masker pisang yang sudah dicampur dengan madu dan kunyit. Bonus dari manfaat pisang ini adalah membuat kulitmu menjadi bersih, bersinar, dan halus.


18. Mencegah penuaan kulit

Manfaat pisang lainnya untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Apalagi jika kamu rajin mengoleskan masker pisang yang terbuat dari campuran perasan jeruk lemon serta yogurt.

Setelah menunggu beberapa saat hingga kering, kamu bisa melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit terlihat tua.

Manfaat buah pisang untuk diet 


19. Membantu diet

Pisang yang mengandung 90 kalori, namun cukup mengenyangkan dan mencegahmu untuk ngemil. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya termasuk serat larut yang yang menyerap air dan melambatkan proses pencernaan.


20. Menjaga kesehatan usus

Pisang rata-rata memiliki 2,5 gram serat yang kebanyakan adalah serat larut. serat ini akan membantu menghilangkan hal-hal yang buruk dalam sistem pencernaan dan membantu mengeluarkanya. Tentunya ini akan menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.

0 comments