Khasiat dan Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan-

Buah Plum, mungkin untuk sebagian orang buah jenis ini sangat asing atau mungkin jarang didengar. Hal itu dikarenakan tidak semua orang bisa menjumpai atau pun memakan buah jenis ini.

Selain dari harganya yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadikan alasan bahwa buah plum tergolong sebagai buah kelas menegah ke atas.

Buah plum berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Walaupun dikenal sebagai buah yang mahal harganya, buah plum ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan loh.

Untuk itu pada artikel saya kali ini kita akan membahas tentang apa saja manfaat dan khasiat buah plum untuk kesehatan, sebelum itu marilah kita simak kandungan yang terdapat pada buah plum itu sendiri.


khasiat dan manfaat buah plum untuk kesehatan

Kandungan Gizi Buah Plum

Buah plum banyak mengandung senyawa yang menyegarkan sekaligus menyehatkan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di buah plum adalah sebagai berikut :
  • Mengandung vitamin dan mineral
  • Vitamin yang terdapat di buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6
  • Mengandung asam folat dan asam askorbat
  • Mineral yang ada dibuah plum berupa flour, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan juga seng.
  • Mengandung serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh
  • Kaya akan anti-oksidan

 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat didalam buah plum sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, pada dasarnya buah plum seharusnya dikonsumsi setiap hari sebab dapat memperlancar pencernaan dan juga menyehatkan usus. Manfaat dan khasita buah plum adalah sebagai berikut :


1. Sebagai Obat Obesitas 

Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan oleh genetik dan juga bisa karena faktor makanan yang dikonsumsi. Mengonsumsi buah plum yang kaya serat sangat baik untuk anda yang sedang melakukan program diet sehingga obesitas berkurang.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang kita sangat rawan untuk terkena osteoporosis, jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan yang disebabkan tulang mengalami pengeroposan.

Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum karena buah jenis ini mengandung zat yang bermanfaat untuk tulang diantaranya zat anabolik dan juga anti resorptive, flavonoid khususunya asam caffeic, polifenol bersama kalium yang bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang.


Khasiat dan Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

3. Membantu Sistem Pencernaan

Plum merupakan sumber serat yang baik, buah ini dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat menghindari dari penyakit sembelit. Dibandigan dengan psyllium, serat  didalam buah plum lebih banyak. Selain plum, buah naga merah juga baik untuk memperlancar pencernaan.

Kandungan zat dari buah plum yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan antara lain adalah senyawa sorbitol dan senyawa isatol, jika kedua senyawa tersebut digabungkan dapat memberikan efek pencahar sehingga dapat mendorong sekresi cairan didalam usus dan membantu pembilasan limbah di dalam usus besar.


4. Melindungi Tubuh dari Penurunan Kognitif

Kandungan zat flavonoid dan fitonutrisi dalam buah plum bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif dan juga bermanfaat untuk mengindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis dan untuk meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikunan serta alzheimer.
Karena seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif sehinga kita membutuhkan buah plum untuk melindungi dari penurunan kognitif tersebut.


5. Mengatasi Diabetes

Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, itu dikarenakan dapat menaikan kadar gula darah. Buah plum dapat dikonsumsi untuk mengatasi diabetes yang memiliki cara kerja sebagai berikut
  • plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek ini sangat membantu untuk mengatasi diabetes.
  • mengonsumsi buah atau jus plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida dalam tubuh
  • zat flavonoid didalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada ditubuh.

6. Mengandung Kolesterol Baik dan Sehat

Kolesterol sehat sangat diperlukan untuk mencegah berbagai jenis penyakit atau ganguan pada tubuh. Kolesterol sehat juga bermanfaat untuk mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia.

Hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia merupakan salah satu gangguan didalam tubuh yang diakibatkan oleh kolesterlo jahat.

Jus buah plum juga bermanfaat untuk mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.

Kolesterol sehat juga baik untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dan berfungsi untuk menambah kolesteol baik.


7. Sistem Saraf Menjadi Lancar

Bagi anda yang memiliki penyumbatan di didtem saraf dianjurkan untuk mengonsumsi plum. Kandungan vitamin yang ada pada buah plum sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem saraf, kandungan vitamin yang dapat memperperlancar sistem saraf antara lain vitamin B6, tripton, dan asam amino.


8. Mengatasi Flu

Kandungan lektin yang ada di dalam buah plum bermanfaat untuk menghambat sekaligus mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza.


9. Menyehatkan Sel di dalam Tubuh

Sel di dalam tubuh bisa sehat dengan kita rutin mengonsumsi buah plum karena kandungan tembaga yang dimiliki buah tersebut yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Tembaga dalam plum juga bermanfaat untuk pembentukan kolagen dan untuk kesehatan saraf.


10. Menyehatkan Ibu Hamil

Saat hamil mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menyehatkan ibu dan janian. Buah plum merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang ada di dunia ini. Karena buah plum mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk para ibu hamil.

Senyawa yang ada di buah plum sangat baik untuk pembentukan sel janin, perkembangan tulang janin dan dapat menyehatkan mata. jika ibu hamil ingin mengonsumsi plum sebaiknya tidak ditambahkan dengan gula. Karena gula dapat menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan bisa menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.

Manfaat lain dari buah plum diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Membantu proses pembekuan darah
  • Mengatasi depresi
  • Menghindarkan diri dari komplikasi diabetes
  • Mencegah radikal bebas
  • Menghentikan luka akibat raadikal bebas
Sekian pembahasan tentang manfaat sekaligus khasiat buah plum, semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 comments