7 Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Beras Merah Bagi Tubuh

Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Beras Merah Bagi Tubuh

Beras merupakan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi sebagian populasi di dunia terutama di Asia. Indonesia khususnya, sebagian besar masyarakat indonesia belum bisa disebut makan apabila belum mengonsumsi nasi ( beras yang sudah dimasak).

Beras memiliki beberapa macam jenis seperti beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan  dan ketan hitam. Dari sekian banyak jenis beras yang telah disebutkan, pada artikel kali ini sumber manfaat akan membahas tentang manfaat beras merah bagi tubuh serta efek sampingnya.

Kandungan dan Nutrisi Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai kandungan tersebut diantaranya adalah serat, karbohidrat, vitamin A, B, zat oryzanol, zat antosianin dan juga sedikit gula.

Selain itu beras merah juga mengandung mineral penting yang bagus untuk tubuh seperti magnesium, zinc, mangan, kalium, dan selenium. Di dalam beras merah juga terdapat kandungan kalori yang jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kalori pada beras putih.



7 Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Beras Merah Bagi Tubuh


BACA JUGA : MANFAAT BUAH PISANG UNTUK KECANTIKAN

Manfaat beras merah bagi tubuh


Beras merah memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sumber energi

Beras memiliki karbohidrat yang berlimpah yang berguna sebagai bahan bakar untuk tubuh dan membantu fungsi otak. Karbohidrat juga sangat penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin, mineral, dan berbagai komponen organik yang terdapat dalam beras dapat meningkatkan fungsi dan aktivitas metabolik semua sistem organ anda, yang selanjutnya meningkatkan tingkat energi.


2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Ada beragam jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah. Itulah sebabnya mengonsumsi beras merah akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda. Karena kebutuhan mikronutrisi bagi tubuh akan terpenuhi dengan baik jika kamu menjadikan beras merah sebagai bahan makanan pokokmu.
 

3. Mengatur tekanan darah 

Beras termasuk rendah sodium, sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hipertensi. sodium dapat menyebabkan pembuluh darah  dan arteri mengerut, meningkatkan stres dan ketegangan pada sistem kardiovaskular yang disebabkan oleh tekanan darah. hal ini juga berkaitan dengan kondisi jantung seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.


4. Mencegah kanker

Butir beras utuh seperti beras merah kaya akan serat tidak larut yang dapat melindungi dari berbagai jenis kanker. Serat berguna melindungi korektal dan juga kanker usus. Selain serat, beras juga memiliki antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, fenolik dan senyawa flavoniod yang juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yangdapat mengakibatkan kerusakan serius pada sistem organ dan menyebabkan mutasi sel-sel sehat menjadi kanker.


5. Untuk perawatan kulit

Para ahli medis mengatakan bahwa bubuk beras dapat dioleskan untuk menyembuhkan penyakit kulit tertentu. Di India, air beras ini sering digunakan sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang meradang. 

Senyawa felonik yang ditemukan di dalamnya, terutama dalam beras merah memiliki sifat anti-inflamasi sehingga juga bermanfaat untuk mengobati iritasi dan kemerahan. Kapasitas antioksidan yang terdapat dalam beras juga membantu menunda muncul keriput  dan tanda-tanda penuaan dini lainnya yang dapat mempengaruhi kulit.


6. Mencegah penyakit alzheimer

Beras merah mengandung nutrisi yang tinggi yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas neurotransmiter, kemudian membantu mencegah penyakit alzheimer hingga batas tertentu. Berbagai jenis padi telah menunjukan dapat merangsang enzim saraf di otak yang menghambat efek radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan demensia dan penyakit alzheimer.


7. Mencegah penyakit pada sistem pencernaan

Kandungan serat pada beras merah rupanya bukan hanya membantu kenyang lebih lama. Serat tersebut juga akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit  yang menyerang sistem pencernaan seperti sembelit, iritasi usus, kanker usus, hingga wasir. Kebiasaan buang air besarmu pasti tidak akan menyiksamu lagi.

Selain ketujuh manfaat diatas, ternyata beras merah juga memiliki manfaat sehat lainnya. Antara lain sebagai berikut :
1. Beras menjadi gula

Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa nasi (beras merah, putih maupun herbal) secara kimiawi tidak berbeda dengan gula . satu mangkuk nasi sama dengan kalori dari 10 sendok teh gula, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menigkatkan gula darah yang menyebabkan diabetes.

2. Mempengaruhi metabolisme glukosa dan produksi insulin

Presentase harian yang disarankan dalam mengonsumsi karbohidrat adalah 45-60 persen dari total kalori harian karena hal ini akan mempengaruhi metabolisme glukosa dan produksi insulin dalam tubuh.

Melalui artikel ini, dapat kita ketahui bahwa beras memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh terutama manfaat beras merah untuk kesehatan. Ikuti terus sumber manfaat untuk mengetahui update seputar manfaat yang ada disekitar kita.

0 comments