Matoa !...Buah Manis dari Papua yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan

Matoa !...Buah Manis dari Papua yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan


Matoa !...Buah Manis dari Papua yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan


Buah matoa merupakan nama tanaman khas dari Papua yang termasuk ke dalam golongan pohon besar karena bisa mencapai tinggi 18 meter dan diameter rata-rata 100 cm. 

Pohon matoa menghasilkan buat berwarna merah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Buah matoa memiliki kulit luar yang licin dan agak keras. 

Namun mudah untuk dipecahkan menggunakan tangan kosong. Daging buat matoa memiliki warna dan cita rasa yang mirip dengan kelengkeng atau rambutan.
Banyak yang mengatakan bahwa aroma buah ini mirip dengan aroma buah durian, tidak heran jika sebagian orang tidak kuat dengan aromanya dan merasa pusing dan mual. 

Meski aromanya menyengat, namun manfaat buah matoa sangat baik untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin C, glukosa dan kalsium di dalamnya.

Manfaat buah matoa bagi kesehatan

Matoa !...Buah Manis dari Papua yang Kaya akan Manfaat Bagi Kesehatan

BACA JUGA : Manfaat ciplukan untuk kesehatan

Berikut ini adalah 10 manfaat buah matoa yang baik untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

1. Membantu Mengurangi Stres yang Anda Alami
Dalam buah matoa terkandung zat yang dapat berfungsi sebagai obat penenang. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa vitamin E dapat membantu mengatasi stres. Dengan begitu dengan mengkonsumsi buah matoa secara rutin dapat mengurangi stres yang Anda alami.

2. Mengurangi Risiko Kanker
Buah matoa mengandung antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang disebabkan karena radikal bebas.

3. Membantu Mengurangi Risiko Jantung
Kandungan vitamin C pada buah matoa juga dapat berguna untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan begitu dengan mengkonsumsi buah matoa dapat membantu Anda dalam mencegah serangan jantung dan stroke yang menjadi salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia.


4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah matoa dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan matoa merupakan buah buahan yang mengandung vitamin C. Dimana vitamin C dapat bertindak untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka Anda dapat terlindungi dari serangan berbagai penyakit.

5. Sebagai Sumber Energi Alternatif
Buah matoa dapat menjadi sumber energi alternatif karena memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Hal ini lebih aman untuk penderita diabetes, daripada gula yang diperoleh melalui tebu selama dikonsumsi secara tidak berlebihan.


6. Melancarkan Pencernaan
Buah matoa mengandung serat yang dapat membantu memproses makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat memperlancar pencernaan. Dengan begitu organ pencernaan Anda juga akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah matoa mengandung vitamin E, yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kulit Anda pun akan menjadi lebih halus. Oleh karena itu, untuk Anda yang menginginkan kondisi kulit yang lebih baik secara alami, Anda dapat mengkonsumsi buah matoa secara rutin.

8. Mencegah Penuaan Dini
Buah matoa mengandung antioksidan yang tidak hanya dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, tetapi juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan begitu buah matoa dapat membantu Anda untuk tetap terlihat awet muda.

9. Mengontrol Tekanan Darah
Buah matoa juga dapat membantu Anda dalam mencegah hipertensi. Dengan begitu, buah matoa sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami tekanan darah yang tidak stabil, serta membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol dan stabil.

10. Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah matoa juga bermanfaat untuk ginjal, yang dapat membantu fungsi ginjal untuk dapat bekerja dengan baik. Dengan memiliki kondisi kesehatan ginjal yang baik, maka juga akan membuat organ tubuh Anda lainnya tetap sehat.

Selain 10 manfaat diatas, buah matoa juga memiliki manfaat lainya yaitu :

  • sebagai obat batu empedu
  • sebagai pelindung kulit dari sinar UV
  • dapat menyehatkan mata 
  • sebagai pencegah tumor
  • dapat menghilangkan jerawat
Selain dari buahnya ternyata daun dan kayu dari buah tersebut juga memiliki kegunaan dan juga manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

Manfaat daun matoa

  • mengobati batu ginjal
  • mengobati batu empedu
  • mengobati hipertensi
  • meminimalisir resiko penyaki gula

manfaat kayu matoa

  • mengatasi luka
  • mengatasi demam
  • sebagai kayu bakar
  • sebagai arang untuk memanggang
  • sebagai bahan pembuat meubel
  • sebagai bahan pembuat perahu
  • sebagai bahan bangunan
Demikian tadi manfaat yang dimiliki buah, daun, bahkan kayu dari matoa. Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa matoa memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 10 manfaat buah matoa untuk kesehatan yang dibahas kali ini.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat.

0 comments