Inilah 17 Khasiat dan Manfaat yang dimiliki Buah Apel untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat yang dimiliki Buah Apel untuk kesehatan

Buah apel merupakan buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Buah yang memiliki nama latin Mallicus Domestica ini terkenal akan rasanya yang enak dan juga kaya akan manfaat.

Mungkin anda sering melihat buah apel dijadikan sebagai santapan penutup setelah menu utama dan banyak sekali dijumpai di meja masyarakat saat ini.

Itu dikarenkan masyarakat percaya dengan mengonsumsi buah apel ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh mereka.


Inilah 17 Khasiat dan Manfaat yang dimiliki Buah Apel untuk kesehatan

Kandungan Buah Apel

Salah satu contoh manfaat apel yang paling populer adalah untuk diet. Itu dikarenakan buah apel mengandung serat yang cukup tinggi. Buah apel juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh kita antara lain :
  • Kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C
  • Kaya akan mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc
  • Kaya akan kandungan fitokimia
  • Kaya akan kandungan tanin, baron, flavonoid, dan sebagainya.

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Buah apel memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang timbul setelah konsumsi buah apel.

1. Mencegah dan mengobati kanker

Manfaat kulit buah apel yang mengandung senyawa triterpenoids diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu kanker juga mengandung sejumlah zat yang dapat mengurangi risiko kanker termasuk aktivitas antimutagemik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.


2. Menurunkan kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi, sebaiknya jadikan buah apel sebagai cemilan sehat harian anda. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.


3. Dapat menyehatkan jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memeperkuat dinding arteri.

Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan serat larut yang ada pada buah apel.


4. Baik untuk pencernaan

Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan berbagai vitamin serta mineral yang mudah untuk dicerna oleh tubuh. Untuk itu, apel adalah salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk pencernaan anda.


5. Dapat mengontrol gula darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi serius.


6. Kesehatan otak

Buah apel ternyata mampu untuk menyehatkan otak. Telah terbukti bahwa buah apel dpat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit alzheimer.


7. Untuk detoksifikasi hati 

Detoksifikasi hati adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan yang mengandung 'racun' apakah itu dari makanan atau minuman. 

Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan anti-oksidan pada buah apel dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

Manfaat dan khasiat lainnya yang dimiliki buah apel adalah sebagai berikut :

  1. Dapat mencegah katarak.
  2. Mengatasi diare atau sembelit.
  3. Mencegah wasir.
  4. Dapat mencegah batu empedu.
  5. Mencegah parkinson.
  6. Memberikan peerlindungan pada tulang.
  7. Dapat menyehatkan rongga mulut dan gigi.
  8. Mengurangi resiko gangguan pernapasan.
  9. Membantu kerja usus halus.
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

4 comments