Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh 

Buah Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat dengan mudah kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun swalayan.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah jeruk juga sering diolah menjadi berbagai jenis produk makanan maupun minuman, hal ini dikarenakan buah jeruk merupakan tanaman yang banyak di budidayakan sehingga mudah untuk didapatkan.

Manfaat buah jeruk sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, selain itu buah yang kaya akan vitamin C ini dapat membuat tubuh lebih sehat.

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Kandungan gizi

Jeruk memiliki berbagai jenis kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya kandungan vitamin C dalam 180 gram buah jeruk, juga terdapat nutrisi lainya seperti :
  • Protein dan Vitamin
  • Kalori
  • Serat yang tinggi
  • Karbohidrat dan lemak
  • Mineral
Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh                Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh               Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Baca juga : Manfaat buah kiwi untuk tubuh

Manfaat dan khasiat buah jeruk

1. Meredakan sembelit

Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar. Jeruk juga merangsang produksi cairan pencernaan dan memeperbaiki pencernaan.

2. Mengatur tekanan darah

Buah jeruk kaya akan sumber  magnesium  yang akan mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hasperidin yang secara alami terkandung dalam jeruk dapat membuat tekanan darah terkendali.

3. Mencegah kanker 

Jeruk merupakan agen penguat antioksidan dan kekebalan yang hebat. Mengandung limonene sebagai penghambat kanker. Senyawa ini dapat mendeteksi sel kanker dan menghancurkanya.

4. Melindungi tubuh dari penyakit jantung

Antioksidan yang ada dalam buah jeruk melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung serta memicu serangan jantung. Antiosidan menetralkan radikal bebas ini dan melindungi jantung.

5. Melawan infeksi virus

Kandungan vitami C yang tinggi pada buah jeruk membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan infeksi lebih baik. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus, membunuh virus yang masuk ke tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

6. Membersihkan darah

Flavonoid yang ada di dalamnya memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat di  dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak di inginkan keluar dari tubuh.

7. Tulang kuat

Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya akan vitamin D agar tubuh menyerap kalsium dari makanan sepenuhnya. Jeruk memiliki cukup vitamin D yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan baik untuk tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.

8. Gigi menjadi kuat

Jeruk sangat baik dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jeruk memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat serta mencegah perkembangan plak. Buah ini melapisi gigi di lapisan pelindung, mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

9. Mencegah penyakit ginjal

Konsumsi jus jeruk secara teratur bisa mencegah batu ginjal dengan mengusir kelebihan sitrat dalam urine dan mengurangi keasamanya. Jeruk juga membantu fungsi ginjal lebih baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula.

10. Mencegah asma

Konsumsi jeruk secara teratur dapat menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi radang saluran napas. Jeruk juga membantu menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma . Flavonoid yang ada pada buah jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat buah jeruk untuk kesehatan dan juga kecantikan. Konsumsi buah jeruk sewajarnya saja agar tidak meimbulkan efek samping yang justru membahayakan tubuh kita sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang manfaat buah-buahan yang ada di sekitar kita.

0 comments