7+ Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Sirsak merupakan buah yang dapat kita jumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, meski aslinya  buah sirsak merupakan tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Rasa dari buah sisrsak sendiri adalah manis dan juga terdapat rasa asam yang menyegarkan. Daging buahnya kaya akan kandungan serat. 

Setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13% kebutuhan serat harian anda. Buah sirsak juga kaya akan kandungan karbohidrat ( terutama fruktosa ), vitamin C, B1, dan B2.


7+ Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh


 Khasiat dan Manfaat Rebusan Daun Sirsak


Pada artikel kali ini sumber manfaat akan membahas tentang khasiat dan manfaat rebusan daun sirsak yang baik untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Diketahui bahwa daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dengan cara meminum air rebusannya yang mengandung acetogenin.

Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik  ( membunuh racun ) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP ( adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. 

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang apa saja khasiat dan manfaat yang ditimbulkan setelah minum rebusan daun sirsak. Mari simak bersama-sama penjelasanya di bawah ini.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

1. Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak yang pertama dan membuatnya terkenal adalah untuk mengobati kanker. Bahkan daun sirsak dapat mengambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi.

Itu dikarenakan acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat, dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, anda hanya perlu minum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisanya saja. Minumlah air rebusan itu dalam keadaan hangat maupun dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.


2. Mengobati kista ovarium

Kista ovarium bisa juga disebut sebagai tumor jinak yang muncul pada ovarium. Hal ini tentu saja hanya di alami oleh wanita. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker.

Oleh karena itulah anda dapat memanfaatkan air rebusan daun sirsak untuk menngobati kista ovarium. Untuk merasakan manfaatnya, anda hanya perlu minum air rebusan dari daun sirsak tersebut.

Caranya adalah rebuslah 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisanya saja. bisa diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. minumlah setiap pagi agar manfaatnya cepat dirasakan.


3. Mengobati kolesterol 

Bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi, anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak bagi penderita kolesterol, minumlah air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah rebuslah 10 lembar daun sirsak yang agak tua dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisanya saja. bisa diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. minumlah setiap pagi agar manfaatnya cepat dirasakan.


4. Mengobati asam urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Sama halnya dengan mengobati sel kanker, kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, caclourin, dan dan asam linoleat pada daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. 

Caranya adalah rebuslah 10 lembar daun sirsak yang agak tua dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisanya saja. bisa diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. minumlah setiap pagi agar manfaatnya cepat dirasakan.


5. Mengobati diabetes

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti mampu menstabilkan kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikanya normal. Hal ini dikarenkan daun sirsak kaya akan kandungan anti-oksidan karena di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Anti-oksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.


6. Mengobati penyakit paru-paru

Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru. Baik paru-paru basah maupun kering.


7. Menghilangkan kutu

Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia. Namun, secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya dengan menggunakan air rubusanya untuk mencuci rambut.


8. Meningkatkan kesuburan

Manfaat rebusan daun sirsak yang terakhir adalah untuk menigkatkan kesuburan. Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa daun sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah sperma pada wanita yang dipercaya dapat memperkuat rahim.


Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat kita rasakan setelah mengonsumsi rebusan air daun sirsak. Namun perlu diingat, untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan diri sendiri tentunya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar manfaat alam.

0 comments