Ciplukan, Si Kecil yang Kaya akan Manfaat

Ciplukan, Si Kecil yang Kaya akan Manfaat

Ciplukan, Si Kecil yang Kaya akan Manfaat


Bagi kamu yang lahir di era 90-an pasti tidak asing dengan buah kecil yang satu ini. Ciplukan, bagi anak-anak era 90-an ciplukan merupakan buah alam yang dapat didapatkan dengan cuma-cuma atau gratisan.

Buah dengan nama physalis angulata ini bisa didapatkan dengan mudah diberbagai tempat seperti di perkebunan atau persawahan.

Dulu tanamana buah ini hanya dianggap sebagai gulma, namun sekarang tanaman ini sudah banyak yang membudidayakan dan saat ini pun  ciplukan menjadi seperti harta karun karena sering dicari oleh beberapa orang.

Beberapa waktu lalu buah ciplukan sempat menjadi trending dikarenakan harganya yang memiliki nilai jual yang fantastis di beberapa mal indonesia.

Tetapi tidak hanya karena itu gaes, buah ciplukan juga dikenal akan manfaat dan juga khasiatnya yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Mau tau apa saja khasiat dan manfaat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh, mari simak penjelasanya berikut ini

Ciplukan, Si Kecil yang Kaya akan Manfaat

Kandungan gizi buah ciplukan

Buah ciplukan mengandung berbagai jenis nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dimana buah ciplukan mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E.

Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa anti-oksidan, asam malat, dan berbagai jenis senyawa lainya.

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Manfaat buah ciplukan yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut.


1. Menyembuhkan penyakit jantung

Salah satu khasiat dari buah ini adalah untuk mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan menggunakan blender seperti membuat jus, kemudian minumlah tanpa campuran apa-apa. Selain di buat jus kita dapat memakan daunya secara langsung, tapi pastikan kondisinya sudah bersih.


2. Sebagai obat asma

Pengaplikasian tanaman ciplukan sebagai obat asma sangatlah mudah, ambil daun dan batang ciplukan, rebuslah dan minum air rebusan tersebut.

Atau ambil daunnya kemudian campurkan dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan kedua telapak tangan kemudian basahkan dengan air, setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehinga keluar air berwarna hijau keputih-putihan seta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.


3. Menurunkan demam

Bukan hanya daun dan batangnya saja, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.


4. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Buah ciplukan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, caranya adalah dengan meminum air rebusan dari daun, batang, buah, dan akarnya selama tiga mingu berturut-turut.


5. Mengobati kanker payudara

Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerika. Tapi tidak perlu khawatir ternyata buah ciplukan juga mampu mengobati atau menyembuhkan kanker payudara. Caranya, pucuk yang muda dicmpur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. setelah itu ramuan tadi ditempelkan pada payudara.


6. Mencegah diabetes

Buah ciplukan sangat bermanfaat untuk mecegah diabetes, hal ini dikarenakan tanaman ciplukan  baik bagian batang, daun, akar, hingga buahnya mengandung suatu senyawa yang berkhasiat dalam mengontrol gula darah, sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes.


7. Mengobati Kurap

Manfaat dari buah ciplukan juga dapat untuk mengobati kurap. Seperti yang kita ketahui kurap dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dikarenakan dapat mengangu penampilan jika kurap ini timbul dibagian tubuh yang terlihat. Untuk mengobatinya anda dapat menumbuk daun dari buah ciplukan lalu oleskan pada bagian yang terkena kurap tadi.

 orang juga membaca: manfaat buah naga untuk kesehatan

Selain manfaat di atas buah ciplukan juga memiliki khasiat lain, diantaranya adalah sebagai berikut :
Perlu diingat, meskipun buah ciplukan memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita, jangan mengonsumsinya dengan kopi ataupun minuman lainnya karena konon dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan.

1 comments: