7+ Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui serta Efek Sampingnya

Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui serta Efek Sampingnya

Daun Katuk terkenal akan khasiat, manfaat dan kandungan alaminya yang begitu baik untuk ibu hamil. Itu di karenakan kandungan yang dimiliki daun katuk seperti fosfor, kalsium, lemak, vitamin B, vitamin A, vitamin C, protein dan zat besi yang sangat baik untuk para ibu hamil atapun menyusui.

Daun katuk tidak hanya akan berguna dan menguntungkan para ibu menyusui dengan adanya efek hormonal yang diberikan oleh kandungan sterol bersifat estrogenik sehingga produksi ASI meningkat. 


7+ Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui serta Efek Sampingnya


Khasiat dan Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil

Daun katuk memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut

1. Memperkuat tulang Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan tulang yang kuat agar dapat bertahan dengan kandungan yan semakin lama semakin membesar. Daun katuk merupakan salah satu sumber kalsium yang paling aman dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil demi membuat tulang lebih sehat dan kuat. Hal ini sangat penting untuk mencegah gangguan kehamilan akibat kekurangan kalsium pada bayi.


2. Meningkatkan energi 

Ibu hamil memerlukaan tenaga lebih. Sejumlah wanita akan merasa lemas dan enggan melakukan kegiatan seperti biasanya ketika sedang hamil. Daun katuk merupakan pilihan yang tepat untuk dimanfaatkan karena menjadi salah satu sumber yang akan memberikan energi lebih kepada para calon ibu dengan kandungan zat besi yang dimilikinya.


3. Menjaga metabolisme tubuh

Daun katuk mengandung vitamin B serta zat yang bermanfaat lainnya yang berfungsi sebagai pengendali metabolisme tubuh agar tetap terjaga dengan baik dan pada kondisi stabil. Walau terjadi masalah pada metabolisme tubuh anda, dengan segala nutrisi yang dimiliki daun katuk maka metabolisme tubuh akan diperbaiki.


4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi berikut betakarotein pada daun katuk dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan penglihatan. Baik semasa kehamilan maupun pasca persalinan, kesehatan mata perlu dijaga dengan tepat dan daun katuk merupakan salah satu yang akan bermanfaat untuk itu.


5. Dapat menstabilkan tekanan darah

Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh siapapun terutama untuk menstabilkan tekanan darah, termasuk tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain karena kalsium akan memperkuat tulang, kekurangan zat ini akan memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Daun katuk dengan kadar kalsium yang baik akan membantu anda, Cukup dengan mengonsumsinya dengan porsi yang benar, maka saupan kalsium akan di dapat oleh tubuh.


6. Mencegah penyakit flu

Mungkin beberapa ibu hamil bisa saja dengan mudah terserang penyakit flu. Daun katuk merupakan bahan alami yang bisa membantu mencegah penyakit flu parah saat hamil. Bagi yang tengah menderita flu juga akan cepat sembuh dengan memanfaatkan daun ini. Itu dikarenakan kandungan efedrin pada daun katuk yang mampu menjauhkan bahaya flu untuk ibu hamill.


7. Dapat mengatasi anemia

Anemia atau kondisi dimana seseorang dapat kekurangan darah yang kerap dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Parahnya, kemungkinan penderita anemia dapat kehilangan kesadaran. Bahkan gangguan tubuh ini bisa memicu gangguan kehamilan. Hal ini terjadi disebabkan karena kebutuhan oksigen tidak terpenuhi secara cukup. Para wanita yang tengah hamil bekerja lebih berat sehingga rentan terkena anemia karena nutrisi dan energi harus berbagi dengan sang jabang bayi. Itulah mengapa zat besi dari daun katuk akan sangat menolong ibu hamil untuk menghindari anemia ini.

Itulah tadi beberapa khasiat dan manfaat daun katuk yang baik untuk ibu hamil, selain dari ketujuh manfaat diatas ternyata daun katuk juga memiliki manfaat lain diantaranya :
Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentunya aka menimbulkan efek samping atau dampak negatif untuk tubuh. Hal ini juga berlaku untuk para ibu hamil yang mengonsumsi daun katuk. Segala jenis manfaat baik telah disimak, namun ternyata daun katuk yang dimanfaatkan pada porsi yang berlebihan bakal menimbulkan efek samping seperti berikut ini :

  • Mengalami insomia atau kurang tidur dimalam harinya.
  • Terjadi gangguan pada sistem pernapasan.
  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Memicu gsnggusn kesehatan di bagian paru-paru pada kondisi yang lebih serius.
  • Menyebabkan keracunan karena ada zat yang dinamakan papeverina yang tergolong alkaloid di dalam daun katuk.
Nah, itulah tadi manfaat serta efek samping yang ditimbulkan saat mengonsumsi daun katuk. Semoga artikel sumber manfaat kali ini dapat menambah wawasan kita terutama untuk para ibu hamil.

0 comments