18+ Manfaat Buah Nangka Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

18+ Manfaat Buah Nangka Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Buah nangka, nongko, langge, anane, lumasa,gori atau yang bernama latin Artocarpus Heterophyllus merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi di kalanagan masyarakat Indonesia. 

Buah nangka memiliki bentuk khas seperti buah durian, namun susunan geriginya lebih padat dan kulitnya lebih halus. Menariknya, bukan hanya buahnya saja yang nikmat untuk dikonsumsi, namun biji dari buah nangka ini pun juga memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi.

Kandungan Buah Nangka

Sebelum kita mengetahui lebih jauh apa saja manfaat dari buah nangka yang baik untuk kesehatan, marilah terlebih dahulu kita ketahui kandungan yang terdapat pada buah nangka ini.

Buah nangka sendiri merupakan jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan semuanya, mulai dari daun, batang, buah, akar, biji, kulit dan getahnya sekalipun. Tanaman nangka termasuk tanaman berbunga yang memiliki nama Inggris yaitu jackfruit. 
  • Mengandung energi tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Dalam 100 gr nangka mengandung kurang lebih 100 kalori dan 50 kalori pada buah yang masih muda. 
  • Kaya akan viamin A, vitamin B1 dan vitamin C. 
  • Nangka masak yang memiliki warna kuning cerah menandakan bahwa buah ini mengandung betakaroten tinggi 
  • Kaya akan serat 
  • Memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium dan zat besi. 
  • Biji nangka dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kacang dalam olahan menu masakan. Biji buah nongko memiliki kandungan fosfor, protein dan juga karbohidrat yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buahnya sendiri.





Baca juga : Manfaat Buah pisang untuk kecantikan

Manfaat Buah Nangka Untuk kesehatan


Selain lezat dan nikmat, buah jenis ara-araan ini juga menjadi salah satu makanan khas kota Yogyakarta yang biasanya diolah menjadi menu masakan bernama Gudeg. Buah nangka bisa dijadikan sebagai sumber gizi tinggi karena berbagai kandungan gizi yang ada didalamnya. Berikut ini beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh


1. Mencegah penyakit kanker


Kandungan fitonutrien pada buah nangka menjadi senyawa yang bagus untuk kesehatan. Senyawa tersebut meliputi lignin, saponin dan isoplafon yang sangat efektif untuk mencegah kanker. Buah nangka ini juga membantu tubuh kita dari berbagai faktor penyebab penyakit kanker.


2. Mencegah penyakit anemia


Penyakit anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan asupan darah merah dan akhirnya menyebabkan tubuh mudah merasa lemas dan letih. Zat besi adalah senyawa penting yang baik untuk mencegah penyakit anemia. Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia.


3. Melancarkan sistem pencernaan


Buah nangka bersifat anti ulkus yang mampu membuat sistem pencernaan dalam tubuh berjalan dengan lancar. Selain itu, nangka juga kaya akan kandungan serat yang mampu membantu usus besar mengikat sisa makanan sekaligus membuangkan dari tubuh.


4. Menyehatkan dan menguatkan tulang


Khasiat lain yang terdapat pada buah nongko adalah kaya akan magnesium yang mampu menyehatkan dan menguatkan tulang. Inilah mengapa buah ini menjadi jenis buah yang bermanfaat baik bagi mereka yang sudah berumur maupun yang masih anak-anak, karena dengan mengkonsumsi buah ini, maka tulang akan senantiasa kuat dan sehat. Manfaat nangka ini cocok bagi anda yang biasa melakukan pekerjaan berat.


5. Menyehatkan mata


Nangka mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Dengan vitamin A ini maka penglihatan akan semakin jelas dan tajam. Bagi anda yang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayuran bervitamin A, maka buah nongko ini bisa menjadi buah pilihan yang kami sarankan untuk anda.Selain nikmat, buah nangka juga berkhasiat tinggi untuk menyehatkan mata dan cocok dikonsumsi bagi mereka yang berkacamata.


Manfaat Nangka untuk Kesehatan Lainnya :












Nah, itulah beberapa manfaat buah nangka yang baik untuk kesehatan tubuh kita, semoga artikel tentang manfaat buah nangka ini bisa menambah wawasan kita mengenai manfaat buah yang ada di sekeliling kita.

0 comments