11 Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Seledri Serta Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Seledri Serta Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Bagi kita, mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini. Daun seledri, daun yang berwarna hijau dan yang sering dijadikan sebagai bumbu pada makanan ini memang bukanlah barang atau tanaman yang sulit untuk dicari.

Daun seledri dapat kita jumpai di warung-warung sekitar rumah kita, pasar tradisional maupun modern atau bahkan di rumah kita sendiri, jika ibu kita menanamya untuk keperluan bumbu dapur sehari-hari.


11 Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Seledri Serta Efek Sampingnya Untuk Kesehatan



Kandungan Daun Seledri

Daun seledri merupakan sayuran yang banyak sekali mengandung mineral seperti kalsium, natrium, magnesium, zat besi, dan kalium. Daun seledri juga mengandung berbagai jenis vitamin diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan kandungan vitamin lainnya. Daun seledri juga mengandung zat lain seperti folat, thiamin, riboflavin dan juga zat nutrisi lainnya.

Manfaat dan Khasiat Rebusan Daun Seledri 


Seluruh manfaat dari kandungan daun seledri bisa kita dapatkan dengan mudah, baik dengan cara dimakan secara langsung ataupun kita bisa meminum air rebusan dari daun seledri ini. Minum air rebusan daun seledri ini memiliki banyak sekali manfaat sehat bagi tubuh. Beberapa manfaat dan khasiat sehat minum air rebusan daun seledri diantaranya :

1. Bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat minum air rebuan daun seledri ini adalah bisa menjadi obat untuk tekanan darah tinggi. Seledri memiliki sifat anti hipertensi yang menjadikan seledri sebagai obat tradisional untuk darah tinggi. Di dalam daun seledri ini mengandung hexanic dan metanol yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga akan membantu menendalikan tekanan darah.


2. Bisa menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari seledri adalah bisa menjadi satu alternatif untuk menjadi obat penurun kolesterol  yang akan menjaga kesehatan jantung anda. Serat yang ada di dalam seledri ini akan mampu membuang dan menghindarkan dari bahaya akibat kelebihan kolesterol di dalam tubuh. Inilah yang membuat seledri menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol.


3. Sebagai obat radang

Di dalam seledri ini juga mengandung anti oksidan dan juga polisakarida yang sanat bermanfaat sebagai anti inflamasi. Di dalam seledri ini juga mengandung flavonoid. Hal inilah yang membuat seledri bisa mengatasi peradangan dan juga seledri akan mampu megatasi radikal bebas yang bisa menjadi penyebab peradangan.


4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain yang timbul jika anda meminum air rebusan daun seledri adalah dapat menurunkan berat badan anda. Seledri mengandung kalori yang rendah sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.


5. Menyembuhkan infeksi

Meminum air rebusan seledri juga merupakan cara alternatif untuk bisa menyembuhkan infeksi. Banyak peneliti yang menyatakan bahwa di dalam seledri ini terdapat mikroba. Anti-mikroba ini akan di dapat dari ekstrak seledri yang sangat bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Hal ini akan mampu meningkatkan kekebalan tubuh da juga menjadi benteng untuk tubuh dalam melawan infeksi bakteri secara alami.


6. Mampu mencegah kanker

Manfaat hebat lainnya yang akan didapat jika mengonsumsi air rebusan seledri adalah bisa menjadi pencegah kanker. Hal ini dikarenakan ternyata di dalam seledri terdapat polyacerylenes. zat ini dapat dengan efektif mengurangi toksisitas dan juga efektif melawan pembentukan sel kanker.


7. Sebagai obat maag

Mungkin sudah banyak yang tahu jika seledri merupakan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit maag. Hal ini dikarenakan seledri merupakan sayuran yang memiliki asam rendah sehingga akan mampu mengobati masalah maag ini.


8. Sebagai obat anemia


Meminum air rebusan seledri ini juga mampu menjadi obat untuk anemia. dengan meminum air rebusan seledri ini maka akan mengatasi masalah anemia yang anda alami.

Efek Samping Rebusan Daun Seledri


Selain memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh, ternyata mengonsumsi daun seledri secara berlebihan juga akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Beberapa efek samping yang akan timbul diantaranya :

1. Menyebabkan penyakit gondok

Jika kita terlalu banyak mengonsumsi seledri terutama dalam keadaan mentah secara terus menerus, maka hal ini bisa menyebabkan penyakit gondok. Hal ini dikarenakan di dalam seledri yang masih mentah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan mengganggu fungsi yodium dan tiroid.


2. Munculnya ruam pada kulit

Efek berbahaya lain dari konsumsi seledri secara berlebihan akan menyebabkan ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan seledri mengandung bahan kimia yang bernama psoralen. Bahan kimia ini sangatlah sensitif terhadap sinar ultra violet. Hal ini lah yang akan menyebabkan ruam di kulit jika mengonsumsinya secara berlebihan.


3. Menyebabkan alergi

Hal yang harus diperhatikan ketika kita mengonsumsi seledri ini adalah karena bisa saja seledri ini banyak sekali mengandung pestisida. Seledri yang mengandung banyak pestisida ini di khawatirkan dapat menimbulkan alergi. Hal ini bisa diatasi dengan mencuci seledri dengan bersih sebelum di konsumsi.

Demikianlah khasiat dan manfaat serta efek samping yang timbul dari konsumsi air rebusan seledri. Semoga artikel sumber manfaat kali inii bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambah wawasan dan ilmu seputar manfaat yang ada disekitar kita.

0 comments